Minggu, 16 Mei 2010

Sang Pemimpi-Andrea Hirata


Di Laskar Pelangi, perjalanan Ikal digambarkan sampai lulus SD di desanya. Di film kedua ini, cerita berfokus kepada masa SMA-nya. Dan karena di desa Ikal nggak ada sekolah setingkat SMA, maka Ikal harus nge-kos di Manggar untuk melanjutkan sekolah di sana.

Selama menjalani sekolah di SMA ini, Ikal ditemani oleh Arai, sepupunya yang sejak ditinggal mati ortunya tinggal bersama keluarga Ikal. Ikal dan Arai kemudian menjalin persahabatn dengan Jimbron yang juga senasib sepenanggungan. Ketiga sekawan ini berjuang bersama untuk menyelesaikan masa SMA mereka. Untuk bersekolah ini mereka harus bekerja di pasar ikan.

Mereka bekerja bukan hanya sekedar untuk hidup dan biaya sekolah di masa SMA itu, namun mereka juga menabung untuk persiapan menggapai cita-cita mereka setelah lulus SMA yaitu kuliah di Jakarta. Melihat kondisi mereka saat itu, cita-cita mereka terasa naif, apalagi sempat ada kejadian di mana uang hasil tabungan mereka harus mereka serahkan ke orangtua Ikal. Namun sekali lagi, perjuangan memang nggak boleh berhenti.

Berbagai kendala dan gelombang hidup yang dialami oleh Ikal dan sahabatnya itu nggak pernah menyurutkan impian mereka. Pengalaman-pengalaman yang kadang lucu, konyol, dramatis dan nggak terlupakan itulah yang akhirnya membentuk karakter Ikal dewasa.

Kisah cinta di Sang Pemimpi ini justru dialami oleh Arai dan Jimbron. Sedangkan bagi Ikal sendiri malah nggak ada cerita cinta sama sekali. Sepanjang film, hanya sekilas diperlihatkan kotak (tempat menyimpan uang) milik Ikal yang itu merupakan kota pemberian dari A Ling, cinta sejati bagi Ikal. Selain itu, Ikal bener-bener libur dari urusan percintaan.

Tokoh Penting
Dari sisi tokoh, ada beberapa tokoh yang kalo dibandingkan akan punya peran yang sama antara tokoh di Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Arai, sahabat terdekat Ikal di masa SMA. Peran tokoh ini bisa dibilang sama pentingnya dengan Lintang yang dulu menjadi sahabat Ikal di waktu SD.

Lalu Jimbron, sahabat terdekat kedua di masa SMA. Posisi Jimbron ini bisa dibandingkan dengan posisi Mahar di Laskar Pelangi. Meski nggak sedekat dengan Lintang atau Arai, posisi Mahar dan Jimbron memang nggak bisa dianggap remeh. Peran mereka besar bagi Ikal.

Di Laskar Pelangi, kita mengenal sosok guru Bu Muslimah yang sangat menginspirasi Ikal. Kali ini, guru yang paling spesial adalah Pak Balia yang diperankan oleh Nugie. Di samping guru ini, ada juga peran sekolah yang menonjol baik waktu SD dulu maupun di saat SMA ini.

Peran orang-orang di sekitar Ikal memang sangat penting bagi kehidupannya. Kehadiran mereka ini bisa mempertahankan motivasi Ikal yang terkadang turun. Memang, dalam hidup terkadang kita dihadapkan dengan kondisi yang bisa membuat kita putus asa. Namun, semua kembali pada diri kita sendiri, apakah kita menyerah atau tetap yakin bahwa kita bisa menggapai itu semua.






sumber :http://hasyimmah.wordpress.com/2010/01/05/sang-pemimpi-the-movie-semua-itu-berawal-dari-impian/



0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online